Resep Pindang Ikan Bumbu berkuah ala Palembang. Segar dan uenak tenan

Berikut ini yang ada pada penyedia Resep Masakan, Yang anda baca dalam halaman kami saat ini adalah Resep Pindang Ikan Bumbu berkuah ala Palembang. Segar dan uenak tenan, Yang mencoba kami bagikan kepada anda secara detail dari Resep Masakannya, Cara Memasaknya, Takaran Bahan, Serta ukuran porsi penyajiannya. Jadi perhatikan baik baik setiap langkah memasak yang telah kami tuliskan untuk anda agar resep masakan ini dapat memberikan cita rasa yang fantastis setelah anda coba dan aplikasikan sendiri dirumah . Dan tak perlu panjang lebar berikut Ini Resep Pindang Ikan Bumbu berkuah ala Palembang. Segar dan uenak tenan Selengkapnya

lihat juga


Resep Pindang Ikan Bumbu berkuah ala Palembang. Segar dan uenak tenan

Indonesia kaya dengan ikan laut yang sangat bermanfaat untuk menambah gizi dan protein kita, namun orang Indonesia kok lebih senang makan daging sapi dan ayam. Ayo masak ikan supaya anak-anak tambah cerdas, anda pun bisa mencegah penyakit berbahaya seperti darah tinggi, penyakit jantung dan sebagainya.

Cara mengolahnya pun tidak sulit, bahkan ada cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Taburkan cuka pada ikan, dua sendok teh per 1 kilo ikan, lamanya sekitar 20 menit, lalu ikan dicuci bersih. Bisa juga dengan asam Jawa dengan melumuri ikan dengan asam tersebut, dan bau amis akan hilang dengan sendirinya.

Nah, pada hari ini kita mencoba resep Pindang Ikan Bumbu khas Palembang dengan kuah supaya makin sehat. Ikan jangan hanya digoreng atau dibakar saja. Sop ikan atau ikan berkuah jauh lebih sehat daripada digoreng dan dibakar. Setuju kan? Coba tanya dokter deh kalau nggak percaya.

Resep ikan pindang Palembang, Ikan pindang patin, ikan pindang nila, resep masakan palembang, wisata kuliner,
Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut:

·        Ikan Nila, gurame, Patin, Bandeng atau jenis ikan air tawar lainnya yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 1 kg saja.
·         Buah jeruk nipis untuk mengurangi dan menghilangkan bau khas ikannya kurang lebih sebanyak 2 buah. Potong potong dan peras air jeruknya.
·         Serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Cuci bersih lalu memarkan sebelum digunakan.
·         Lengkuas secukupnya atau kurang lebih sepanjang 5-6 cm. Cuci bersih lalu memarkan.
·         Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm. Memarkan dahulu sebelum dicampur dengan bumbu lainnya.
·         Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
·         Air asam jawa kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
·         Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
·         Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
·         Daun kemangi secukupnya sesuai selera.
·         Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
·         Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
·         Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 10-15 pcs.. Bisa ditambahkan juga buah cabai rawit dan cabai hijau kalau memang benar benar suka pedas.
·         Buah tomat merah kurang lebih sebanyak 3 buah. Cuci bersih lalu belah menjadi 4-5 bagian untuk mempercantik tampilannya.
·         Air bersih secukupnya untuk merebus ikan dan bumbunya.
·         Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung saja.
·         Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung juga.
·         Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih dan ingat untuk membuang bijinya.

Bagaimana cara memasaknya supaya maknyus dan mengundang selera tetangga anda? Ikuti saja petunjuk bapak presiden eh cara di bawah ini:
  
·         Langkah pertama adalah siangi dan cuci bersih ikan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotorannya kemudian potong menjadi 2 atau sesuai selera. Bersihkan bagian luar ikan sampai benar benar bersih dengan cara menekan sedikit menariknya keluar dengan pisau. Hati hati jangan sampai membuat dagingnya robek. Lho penampilan juga penting kan, supaya setelah usai masak bisa difoto lalu diupload ke WA group, facebook dan twitter supaya teman-teman iri dan ngiler. 
·         Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih diatas dengan air jeruk nipis sambil sedikit diremas remas sampai semua bagian terkena rata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih selama 15 menit saja).
·         Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 1250 cc).
·         Sambil menunggu airnya mendidih, haluskan bahan bumbu pindang ikannya diatas, seperti bawang merah, bawang putih dan cabainya.
·         Masukkan bumbu halus diatas ke dalam panci yang berisi air beserta jahe dam lengkuas yang sudah dimemarkan, serai dan daun salamnya. Aduk aduk sebentar sampai mendidih.
·         Masukkan ikan nila atau gurame yang sudah dicuci bersih kemudian aduk aduk sebentar.
·         Masukkan air asam, gula merah, buah cabai, kecap manis, gula pasir dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk kembali sampai masak dan ikannya matang.
·         Setelah matang dan airnya menyusut (kurang lebih selama 15 menit), masukkan daun kemangi dan irisan tomatnya.
·         Jangan lupa cicipi sebentar dan tambahkan garam dapur, gula dan kecap kalau diperlukan lalu angkat dan sajikan.

Resep ikan pindang Palembang, Ikan pindang patin, ikan pindang nila, resep masakan palembang, wisata kuliner,

Tentu sudah terbayang rasa dan kesegarannya kan? Nah, tunggu apa lagi? Daripada bingung mau wisata kuliner ke Palembang, ayo coba dulu resep rahasia ini. Kalau jadi ke Palembang, maka anda bisa membandingkan dengan masakan aslinya di kota empek-empek itu. Kan bisa diskusi dengan tukang masaknya. Mantap kan? 

Anda juga bisa mencoba resep Ayam Pode yang maknyus tanpa santan: 
Baru saja anda membaca artikel dari kami yang berjudul Resep Pindang Ikan Bumbu berkuah ala Palembang. Segar dan uenak tenan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Happy Cooking :))
Blogger
Disqus

No comments